Blog Tempat Berbagi Informasi Menarik Seputar Dunia teknologi komputer,Jaringan virtualisasi dan webhosting,Google Adsense dan Bisnis Online

Singkatan, Arti dan Pengertian dari SEO (Search Engine Optimization)

ADSENSE HERE!

Singkatan dari SEO adalah Search Engine Optimization atau Search Engine Optimizer. Sedangkan arti dan pengertian dari SEO adalah proses atau usaha yang dilakukan untuk mendatangkan traffic (pengunjung) ke website atau blog secara gratis (free, non-paid) dari hasil pencarian yang berasal dari mesin pencari. Disini dikatakan mendatangkan pengunjung secara gratis, kenapa? Karena kita bisa memperoleh dan mendatangkan pengunjung ke website kita secara berbayar, yaitu melalui SEM (Search Engine Marketing). Search Engine Marketing adalah proses mendatangkan pengunjung dengan membeli iklan (ads) di mesin pencari. Lebih jelasnya adalah kita mengiklankan website kita untuk mendatangkan pengunjung. Kalau bisa gratis kanapa mesti membayar? Itulah gunanya SEO. 

SEO merupakan sebuah disiplin ilmu atau pengetahuan dalam bidang marketing yang mencakup hal-hal yang bersifat teknis dan kreatif yang diperlukan untuk meningkatkan ranking (peringkat) dan traffic (pengunjung) website atau blog. Ada banyak aspek yang berhubungan dengan SEO, dari hanya yang berupa kata-kata yang dipakai dalam tulisan diwebsite kita sampai pada bagaimana website orang lain menautkan link-nya ke website kita. Kadang-kadang SEO bisa juga hanya berupa bagaimana cara membuat agar struktur website kita mudah dipahami oleh mesin pencari. 

SEO bukan hanya sekedar membuat website yang friendly terhadap mesin pencari tetapi juga membuat website yang lebih baik agar mudah dipahami oleh para pengunjung website kita. Dengan belajar SEO yang benar, kita bisa mencari kata-kata atau frase (kata kunci) yang banyak dicari oleh orang. 

Kenapa website kita membutuhkan SEO?

Mayoritas traffic atau pengunjung yang datang atau mengunjungi (menemukan) website kita berasal dari mesin pencari seperti Google, Bing dan Yahoo. Walaupun media sosial bisa juga mendatangkan traffic ke website kita, mesin pencari tetap merupakan sarana yang paling banyak digunakan oleh para pengguna internet untuk mencari apa yang mereka butuhkan, baik itu sesuatu yang berupa video, artikel, produk ataupun informasi. 
sumber: moz.com
Mesin pencari sangat unik dalam memberikan targeted traffic (pengunjung yang mencari informasi yang kita tawarkan di website kita). Jika mesin pencari tidak dapat menemukan website kita atau menyimpan informasi yang kita tawarkan kedalam database meraka, maka kita telah kehilangan kesempatan untuk mendapatkan pengunjung bagi website kita.

Kata-kata (search queries) yang orang tuliskan atau ketikan kedalam kotak dimesin pencari merupakan sesuatu yang sangat berguna. Pengalaman menunjukan bahwa pengunjung yang berasal dari mesin pencari bisa memberi kesuksesan ataupun kegagalan bagi kita dalam membangun sebuah website. Targeted traffic (pengunjung yang kita target) bisa memberikan publisitas, pendapatan dan sesuatu yang diluar perkiraan kita. Itulah kenapa SEO sangat dibutuhkan bagi website kita. Dibandingkan dengan media pemasaran atau promosi yang lainnya, dengan SEO yang baik kita bisa memperoleh jumlah pengunjung website yang diluar perkiraan kita. 

Tidak bisakah mesin pencari bekerja tanpa SEO?

Mesin pencari sangat pintar dalam bekerja tetapi mereka masih membutuhkan bantuan. Mesin pencari akan senantiasa memperbaiki dan mengembangkan teknologi mereka dalam usahanya meng-crawl (memperoleh informasi dalam website kita) website kita agar bisa memberikan hasil pencarian yang lebih baik bagi penggunanya. Walaupun demikian, mereka juga memiliki batas dalam bekerja. Alhasil, dengan SEO yang baik kita bisa mendatangkan ribuan pengunjung ke website kita, dan sebaliknya pengetahuan SEO yang kurang bukan hanya jumlah pengunjung yang sedikit yang kita peroleh tetapi juga bisa menjauhkan website kita dari jangkauan pencarian dan menenggelamkannya kedalam sandbox. 

Disamping SEO akan memudahkan mesin pencari mendapatkan konten kita, SEO juga membantu menaikan ranking atau peringkat sehingga konten akan mudah ditemukan oleh para pengguna mesin pencari tersebut. Persaingan di dunia Internet semakin kompetitif, sehingga perusahaan-perusahaan yang mengaplikasikan SEO dalam websitenya akan memperoleh keuntungan yang jelas, baik dari segi pengunjung atau customer. Dunia SEO sangatlah kompleks tetapi sebagian orang akan bisa memahami dasar-dasarnya. Pengetahuan tentang SEO bisa diperoleh dengan gratis dan diperoleh dengan mudah di Internet. Semua tergantung dari komitmen anda, kemauan untuk belajar dan banyak berlatih, maka kita akan bisa menguasai SEO. 

Panduan Tentang SEO

Untuk memperdalam pengetahuan kita tentang SEO, ada baiknya anda membaca Google’s “Search Engine Optimization Starter Guide”. Panduan ini merupakan file pdf yang bisa didownload secara gratis. Disini anda akan mendapatkan pengetahuan tentang tip-tip dasar SEO yang Google berikan. Anda bisa mendownloadnya di sini. Panduan lain yang tidak kalah bermanfaatnya untuk dibaca adalah Moz’s “Beginner Guide to SEO”, anda bisa membacanya di sini. Dan yang terakhir adalah the SEO Success Pyramid dari Small Business Search Marketing.
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape
Copyright © internet. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design