Blog Tempat Berbagi Informasi Menarik Seputar Dunia teknologi komputer,Jaringan virtualisasi dan webhosting,Google Adsense dan Bisnis Online

Percantik Blog Kita Dengan Favicon

ADSENSE HERE!

Favicon atau favorite icon adalah ikon kecil yang ada pada browser URL bar, pada daftar bookmark atau pada tab navigasi. Membuat favicon pada blog kita memang tidak ada hubungannya secara langsung dengan meningkatkan traffic blog. Tetapi favicon bisa mempercantik tampilan blog kita dan dengan sebuah favicon yang unik, pembaca akan bisa dengan mudah mengenali blog kita di daftar bookmark meraka. Coba lihat favicon pada blog ini pada browser anda diatas, terlihat lebih eye-catching kan ketimbang favicon asli bawaan dari Blogger? Berikut adalah cara sederhana dan mudah membuat favicon yang bisa dilakukan dengan bantuan Microsoft Paint atau Photoshop:

1. Panduan Umum. Favicon memiliki ukuran sangat kecil dalam satuan pixels yaitu 16px x 16px. Sedangkan file extension-nya adalah .ico. Bisa dibayangkan betapa sulitnya membuat ikon dengan ukuran sekecil itu. Favicon biasanya berupa inisial dari website atau blog dan juga bisa berupa image atau photo dari pemilik blog. Yang perlu di ingat, buatlah favicon yang mewakili blog kita. Warna yang dipilih harus mencirikan blog kita sehingga favicon tersebut akan mudah diasosiasikan oleh para pembaca dengan blog kita. 

2. Menggunakan Photoshop dan Microsoft Paint. Untuk memudahkan kita dalam mendesain favicon, terlebih dahulu buatlah favicon dalam ukuran besar. Misal, 400 pixels x 400 pixels. Dengan ukuran sebesar ini kita akan bisa dengan mudah membuat tulisan atau gambar untuk favicon kita daripada langsung menggunakan ukuran 16 pixels x 16 pixels. Anda bisa menggunakan fasilitas Photoshop dan Microsoft Paint untuk membuatnya. Setelah jadi, ubahlah ukuran favicon tersebut dengan ukuran standar favicon yaitu 16 pixels x 16 pixels. Kemudian simpanlah file tersebut di komputer anda, bisa dalam bentuk jpg atau png.  

3. Ubah file menjadi .ico. Untuk mengubah file anda menjadi .ico anda bisa melakukannya di SINI, upload-lah file jpg atau png anda tadi, kemudian download-lah hasilnya. Hasilnya tersimpan dalam format Zip, anda perlu mengekstraksnya terlebih dahulu. Setelah diekstrak, carilah file .ico tersebut.

4. Upload file .ico di website. Untuk meng-upload di Blogger, anda bisa melakukanya dengan membuka menu Layout, yaitu pada bagian Favicon. Jika anda menggunakan Wordpress, uploadlah file tersebut di root directory, kemudian di bagian header website anda, letakan kode ini <link rel="shortcut icon" href="/favicon.ico" type="image/x-icon" /> di bagian antara <head> dan </head>. Sekarang banyak sekali themes/templates untuk wordpress yang menyediakan menu untuk membuat favicon dengan mudah. Tinggal browsing aja. :)   
ADSENSE HERE!

No comments:

Post a Comment

Protected by Copyscape
Copyright © internet. All rights reserved. Template by CB. Theme Framework: Responsive Design